Cerita Gusdur Tentang 3 Polisi Jujur

oleh pada Rabu, 18 September 2013
Cerita Gusdur Tentang 3 Polisi Jujur Bandung
Cerita Gusdur Tentang 3 Polisi Jujur
Cerita Gusdur Tentang 3 Polisi Jujur. Sang mantan presiden RI ini, semasa hidupnya dikenal memiliki beragam cerita, baik cerita nyata maupun cerita fiksi yang sarat kritikan halus.

Kali ini cerita yang mau disampaikan adalah cerita lucu tentang kritikan polisi. Di tengah banyaknya kasus polisis yang tersandung hukum akibat korupsi, rekening gendut, mungkin cerita ini bisa disebarkan kembali.

Menurut Gus Dur di negeri ini hanya ada tiga polisi yang jujur. “Pertama, patung polisi. Kedua, polisi tidur. Ketiga, polisi Hoegeng (mantan Kapolri).” Lainnya? Gus Dur hanya tersenyum.

Sindiran Gus Dur di atas menyiratkan tentang banyak polisi yang tidak jujur. Dari ketiga jenis polisi yang disampaikan, ada nama Hoegeng yang menarik. Siapa dia dan apa sepak terjang beliau sehingga masuk dalam daftar polisi jujur? jawabannya adalah karena beliau satu - satunya polisi yang anti korupsi maupun suap. Bahkan cerita menyentuh saat dia diangkat jadi Kapolri, beliau menutup toko bunga istrinya. Alasannya dikarenakan beliau takut, jika seseorang beli bunga di toko istrinya tersebut lantaran memandang jabatannya sebagai kapolri. Hal ini tidak diinginkan oleh pak hoegeng.

Semoga banyak polisi jujur seperti pak hoegeng di Indonesia ini.

Terkait